Pasar Santai

Di awal tahun 2018, saya dan teman saya, Indi, sempat “rasan-rasan” ingin membuat sebuah acara jualan berkonsep playdate untuk para keluarga muda di Yogyakarta. Keinginan tersebut terbersit karena menurut kami berdua di Yogya acara untuk keluarga masih jarang diadakan. Apalagi di daerah utara Yogya. Selain itu kami juga ingin menciptakan pasar untuk menjual produk-produk kami. Maklum kami ini sebenarnya juga “bakul”. Bakul yang punya banyak keinginan. Pengen jualan sekalian bikin acara untuk anak-anak kami main bersama. Setelah cukup lama menggodok konsep acara, akhirnya acara yang kami idam-idamkan terwujud pada 1 Juli 2018. Acaranya bertajuk Pasar Santai dan diadakan di Warung Sawah Gondang Legi, Jl. Gito Gati.

Kalau orang-orang bertanya apa sih Pasar Santai? Jawabannya Pasar Santai adalah acara pasar berkonsep playdate. Yang namanya pasar pasti ada barang yang diperjualbelikan yah. Selain barang-barang jualan saya dan Indi, kami juga menyeleksi beberapa tenant untuk berjualan di acara ini. Kriteria utamanya barang yang dijual unik, kalau bisa bikinan sendiri dan sesuai dengan target pasar yang kami bidik di acara ini. Siapa targetnya? Ya keluarga muda di Yogyakarta. Jadi barang-barang yang dijualĀ  nggak jauh-jauh dari barang kebutuhan anak, ibu, bahan pangan organik, dan artisan produk lain seperti bakery atau gelato.

Nah sebagai pembeda dari pasar-pasar sejenis yang sudah ada di Yogya, kita bikin acara-acara untuk anak-anak sehingga mereka bisa playdate atau main-main bareng. Di acara pertama, kami mengadakan acara dongeng, kemudian menggandeng Eko Nugroho Art Class untuk mengisi acara art class, pemutaran film anak berkerjasama dengan Art for Children, lalu ada perpustakaan mini yang berisi buku-buku anak-anak yang bisa dibaca saat para ibu berbelanja di pasar. Selain itu ada sesi bermain bebas dengan menggandeng komunitas anak di Yogyakarta. Pada acara perdananya, Pasar Santai mendapatkan perhatian diluar ekspektasi Indi dan saya. Rasanya haru sekali melihat para pengunjung sudah mulai berdatangan dari jam 8 pagi. Halaman dan jalanan dipenuhi motor dan mobil. Walaupun semakin siang panas semakin terik, tidak mengurangi antusiasme para pengunjung Pasar Santai.

Kesuksesan di acara perdana membuat saya dan Indi semangat untuk menggelar acara Pasar Santai yang kedua dan ketiga pada awal bulan September dan Desember. Acaranya masih tetap berlangsung di Warung Sawah Gondang Legi. Ada acara-acara baru yang kami tambahkan dan ada pula acara yang menjadi ciri khas Pasar Santai seperti acara dongeng maupun perpustakaan mini. Di acara Pasar Santai ketiga misalnya kami membuat project acara baru yaitu story making yaitu sebuah “mini-workshop”di mana anak-anak imajinasi mereka dan menuangkannya dalam senuah buku cerita yang ditulis oleh mereka sendiri. Seru sekali. Ternyata anak-anak memiliki imajinasi yang luar biasa. Story making akan kami adakan kembali di acara Pasar Santai selanjutnya.

Banyak yang bertanya-tanya apakah Pasar Santai akan terus diadakan secara berkala. Pada awalnya Saya dan Indi punya mimpi menjadikan ini sebagai acara dua bulanan. Tapi pada kenyataanya menggelar acara “sebesar” ini berkala dua bulan sekali cukup merepotkan. Apalagi kami hanya mengelolalnya berdua belum lagi kesibukan sebagai ibu dua anak dan masih menjalankan bisnis lainnya. Walhasil sampai acara ketiga, Pasar Santai tidak dilaksanakan genap dua bulanan. Namun demikian kita terus berusaha agar acara ini terus ada. Apalagi kalo ada banyak yang nanyain “kapan ada pasar santai lagi? Anakku nanyain nih”. Duh rasanya senang sekali lho bisa ngadain acara yang ditunggu-tunggu. Jadi kapan Pasar Santai yang ke 4? Tunggu ya. Kami lagi menggodok konsepnya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>