Wisdom Park UGM; Oase Untuk Berolahraga Di Tengah Yogya

Olahraga lari sudah menjadi kebiasaan yang saya bangun sejak lebih 1 dekade. Biasanya saya berlari pagi-pagi sekali, setelah salat subuh, dengan rute start dan finish di rumah. Nah, sudah 1 tahun terakhir saya “terpaksa” beralih rute lari dan memundurkan jam lari. Kesibukan pagi hari meningkat karena kedua anak saya bersekolah lebih jauh. Oleh karena itu saya harus berlari lebih siang setelah urusan mengantar anak selesai.

Berlari dengan suasana teduh dan adem saat jam 8 pagi cukup sulit dilakukan di Yogya. Kombinasi matahari yang sudah tinggi dan suhu yang panas membuat lari di atas jam 8 pagi di Yogya sangat menguras keringat. Untung saja di tengah kepadatan Yogya ada Wisdom Park yang terletak di kawasan kampus UGM. Kawasan ini dulu dikenal sebagai lembah UGM ini kini disulap menjadi kawasan yang asri, rindang, penuh pepohonan hijau , tanaman hias dan dilengkapi dengan jogging track.

Wisdom Park UGM menjadi “jujugan” saya dan suami berlari. Panjang track dari ujung utara sampai selatan sekitar 2 kilometer. Ideal untuk jadwal lari jarak pendek yang biasanya kami lakukan di tengah pekan. Cukup memutar 3 kali, kami sudah berlari sekitar 6 kilometer. Untuk permukaan, track di Wisdom Park terdiri dari susunan batu bata dan pecahan batu alam. Lebar track bervariasi. Di ruas tertentu lebarnya bisa mencapai 2 meter. Namun sebagian besar hanya selebar kurang lebih 1,5 meter. Sedangkan elevasinya kurang lebih 20 meter.

Wisdom Park tidak hanya nyaman untuk jogging atau jalan kaki. Setiap berlari di sana, saya amati banyak mahasiswa yang duduk-duduk santai di tepi sungai kecil yang membelah Wisdom Park. Ada pula yang berlatih dancing di atas rerumputan yang membentang di pinggir sungai. Di sisi utara taman, ada danau buatan yang juga berfungsi sebagai pintu air. Danau itu seringkali dijadikan tempat latihan dayung. Pada bagian yang cukup lebar, tepatnya di bawah jembatan yang menghubungkan daerah Karang Malang dengan kampus UGM, sering digunakan untuk senam sehat dan aerobik. Jadi jika kalian mencari alternatif tempat untuk berlari di Yogya, Wisdom Park UGM bisa dijadikan pilihan.

Related Posts

Leave a comment

(*) Required, Your email will not be published